Thursday, February 11, 2016

Balekambang Pasar Ikan dan Resto

Balekambang Pasar Ikan dan Resto ini dikelola oleh Dinas Pertanian Kota Surakarta bekerjasama dengan PT Balekambang, dan diresmikan pada 21 Juni 2012 oleh Walikota Surakarta saat itu, Joko Widodo. 

Letaknya di Jalan Balekambang No. 7, tidak jauh dari pintu masuk Taman Balekambang ini memang lumayan banyak menyediakan aneka jenis ikan segar. Pengunjung dapat menikmati ikan bakar, goreng maupun aneka masakan ikan lain. Harga yang ditawarkan sebenarnya tidak terlalu mahal untuk ukuran kantong warga kelas menengah di kota Solo.

Selain menikmati masakan ikan, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas memancing di kolam yang ada di dalam kompleks resto. Ikan hasil pancingan dapat langsung ditimbang dan dimasak di tempat.

Namun sayangnya resto dan pasar ikan ini masih sepi pengunjung. Awal Februari 2016 saya bersama teman-teman mendatangi lokasi ini dan ternyata sepi. Saya menyangka sudah tutup karena dari luar tidak nampak aktivitas dan keramaian pengunjung.

Kurangnya promosi dan informasi kepada publik menjadi salah satu penyebab resto dan pasar ikan yang sudah 4 tahun ini masih saja sepi peminat. Selain itu banyaknya resto sejenis di kota Surakarta juga menjadi salah satu penyebabnya. Pengelola harus inovatif dalam menyediakan menu serta informatif dalam menyampaikan informasi dan berita kepada khalayak di Solo.