Wednesday, January 9, 2019

Salah Kaprah Penyebutan Gallon Air Minum Dalam Kemasan

Pasti kita tidak asing dengan kalimat ini, "Mas, pesan aqua gallon satu ya... anterin ke rumah ya..".
Kalimat ini tidak asing bagi kita dan sangat sering kita dengar dalam pergaulan sehari-hari kita.

Dalam keseharian kita selama ini selalu menyebut kata Gallon untuk merujuk pada ukuran tertentu bagi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Padahal penyebutan ini adalah salah kaprah. Kok bisa? Mengapa kok salah kaprah?

Gallon itu adalah satuan ukuran. Sama halnya dengan barrel, feet, oz, mile, pounds, yard, Fahrenheit. Satuan ukuran-ukuran tersebut sangat lumrah (biasa) digunakan di Inggris dan Amerika Serikat. Sementara di Indonesia, satuan yang biasa digunakan adalah satuan ukuran liter, meter, kilogram, kilometer atau pun celcius.

Konversi ukuran 1 Gallon (USA) adalah 3,78541 Liter dan 1 Gallon (UK) itu sama dengan 4,54 Liter. Lalu apakah 1 gallon AMDK yang kita selalu sebut-sebut itu 4 Liter? Jawabanya, Tidak.
Lalu, sebenarnya berapa volume AMDK yang kita sebut "gallon" tersebut? Jawabanya adalah 19 Liter atau sekitar 5 Gallon (USA) atau 4 Gallon (UK).

Namun karena sudah menjadi kaprah, maka kesalahan penyebutan tersebut menjadi kesalahan yang lumrah dan seolah menjadi satuan ukuran volume baru di Indonesia, khususnya untuk menyebut ukuran AMDK yang banyak dijual di Indonesia. Entah dari mana dan siapa yang memulai maka kata "gallon" ini menjadi kaprah dan akrab di telinga kita dalam keseharian.