Saturday, January 9, 2016

Bone dan Arung Palakka

Kabupaten Bone adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan. Kabupaten dengan luas wilayah 4.559 Km2 ini secara administratif dibagi menjadi 27 Kecamatan dengan 39 Kelurahan dan 333 Desa. Berdasarkan data Kabupaten Bone dalam Angka Tahun 2015 jumlah penduduk Kabupaten Bone adalah 738.515 jiwa dengan kepadatan penduduk mencapai 162 jiwa per Km2.

Untuk menuju Kabupaten Bone dapat ditempuh dengan jalur darat dari Kota Makassar selama kurang lebih 3 jam perjalanan dengan kondisi lancar tanpa macet dan tanpa rintangan seperti hujan atau ada pohon tumbang.

Selama beberapa hari di Bone guna menyelesaikan pekerjaan, secara tidak sengaja bertemu dengan salah satu tokoh di Desa Wolanggi, Kecamatan Barebo, keluarga Ibu Murni. Saya menanyakan siapa sebenarnya Arung Palakka, dan menurut catatan sejarah Arung Palakka adalah pemberontak kerajaan Gowa yang bersekutu dengan VOC. Berbagai catatan sejarah memang sedikit banyak tidak berpihak pada Arung Palakka karena persekutuannya dengan VOC. Dalam beberapa catatan di Arsip Nasional, nama Arung Palakka sangat terkenal di Batavia sejak tahun 1660 ketika dia dan pengikutnya melarikan diri dari Bone dibawah kekuasaan Sultan Hasanuddin (Kerajaan Gowa),  juga tercatat bersama VOC dalam menaklukkan perlawanan rakyat Minangkabau, Sumatera Barat. 

Namun bagi warga Bone, Arung Palakka adalah pahlawan bagi rakyat Bone, demikian disampaikan bu Murni. Saya bertanya heran, bersekutu dengan VOC namun dianggap tokoh dan pahlawan? Akhir dari diskusi, beliau memberikan sebuah buku berjudul Warisan Arung Palakka: Sejarah Sulawesi Selatan Abad ke-17 karya Prof. Leonard Y. Andaya yang ditulis tahun 1981.

Dari buku tersebut saya menjadi sedikit tahu bahwa Rakyat Bone menilai Arung Palakka berbeda dengan penilaian rakyat Indonesia lainnya. Perlawanan dan persekutuannya dengan VOC lebih didasarkan pada kepentingan politik praktis dalam melawan Kerajaan Gowa yang telah menaklukkan Bugis Bone dan banyak membawa rakyat Bone ke Makassar untuk kepentingan kerja paksa untuk membangun benteng pertahanan Kerajaan Gowa dalam melawan Belanda. Bahkan Arung Palakka dan keluarganya menjadi tawanan (sandera). Keinginannya akhirnya terwujud setelah 30 tahun berjuang, membebaskan kerajaan Bone dari cengkeraman Kerajaan Gowa.

Inilah rupanya yang menjadikan rakyat Bone sangat menghormatinya. Di Lapangan Merdeka, alun-alun Watampone, ibukota Kabupaten Bone, dibangun patung Arung Palakka sebagai bentuk penghormatan tersebut.




4 komentar:

sepertinya touring terus nich :)

ya sepertinya sih.. hahaha

Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan,bagi teman teman yang menemukan situs ini tolong disebar luaskan agar orang orang juga bisa tau klau ada dukun sakti yg bisa membantuh mengatasi semua masalah anda1.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

WAYANGPOKER AGEN POKER AMAN , REAL MONEY DAN TERPERCAYA

Telah Hadir Situs Judi Kartu Online Eksklusif dan Berkelas

Permainan 100% fair play ( Player vs Player ) No Bot & Admin !!!

Segera daftarkan diri anda dan sobat-sobatmu untuk bermain di WAYANGPOKER >>>> http://wayangpokerblog.blogspot.co.id/ <<<< LEBIH GAMPANG !!

POKER :: DOMINO QQ :: BANDARQ :: BANDAR POKER

# Minimal Deposit ; 20.000
# Mininmal Withdraw : 40.000

* Hadiah Jackpot terbesar Jutaan Rupiah

Bonus Turnover 0,5% ( Setiap Hari )
Bonus Refferal 20% ( Seumur Hidup )

Untuk info lebih lanjut hubungi Customer Service kami :
Telp : +85512804273
Skype : wayangpoker
BB : 2BE326CC

Post a Comment