Tuesday, December 22, 2015

Jalur Darat Makassar - Bone

Guna menuju Kabupaten Bone dari Kota Makassar dapat ditempuh dengan perjalanan darat selama kurang lebih 3 jam perjalanan tanpa macet dan hambatan lain. Namun jika hari hujan dan perjalanan dilakukan malam hari harus menempuh perjalanan sekitar 5 jam. Jalur jalan darat perbukitan berkelok dengan tikungan tajam, bahkan tikungan lettes "S" dan "U" akan banyak ditemui sepanjang perjalanan, dimulai dari wilayah Camba (Maros) hingga Bengo (Bone). 

Di daerah Bengo (Bone), tepatnya di Desa Lilirawang, Kecamatan Bengo,  ada sebuah terowongan batu cadas sepanjang 8 meter dan lebar 5 meter, terowongan ini disebut oleh warga setempat dengan nama Sumpang Labbu yang bermakna Jalan Berdebu. Namun dulunya terowongan ini disebut dengan Batu Goroe atau Batu Massebboe yang bermakna Batu Berlubang, yang menurut cerita dibuat dengan dipahat oleh ribuan pekerja paksa zaman Balanda. 

Dan memang menurut cerita sejarah, jalur Makassar - Bone ini dibangun oleh Belanda guna menghindari Pasukan Kerajaan Gowa yang melakukan perang gerilya di pegunungan bagian selatan Pulau Sulawesi. Pasukan Gowa melakukan perang gerilya setelah keberadaan perjanjian Bongaya yang merugikan dan membuat Kerajaan Gowa tidak berdaya.

Di terowongan Sumpang Labbu ini, truk terkadang tidak masuk, sehingga sangat sering akan melakukan bongkar muatan terlebih dahulu agar dapat memasuki terowongan. Di sekitar terowongan banyak warga yang menyediakan jasa bongkar muat barang bagi truk angkutan barang yang akan membongkar muatannya guna melawati terowongan ini.



1 komentar:

Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan,bagi teman teman yang menemukan situs ini tolong disebar luaskan agar orang orang juga bisa tau klau ada dukun sakti yg bisa membantuh mengatasi semua masalah anda1.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

Post a Comment