Tuesday, November 19, 2019

Kampung Adat Pasunga, Sumba Tengah

Kampung adat Pasunga adalah salah satu dari sekian banyak kampung adat di Pulau Sumba ini. Kampung adat Pasunga terletak di Anakalang,, Waibakul, Kabupaten Sumba Tengah. Lokasinya berada di tepi jalan raya, jalur utama yang menghubungkan Waikabubak, Sumba Barat dengan Wangingapu, Sumba Timur.

Hal menarik di Kampung Adat Pasunga adalah keberadaan makam megalitik yang terbuat dari batu gunung yang dipahat. Lokasi pemakaman berada di bagian depan kampung ini. Ketika kita memasuki gerbang kampung, pandangan kita akan melihat deretan makam batu berjajar. Tidak hanya di bagian depan, di bagian tengah kampung juga berjajar makam, dan ada lapangan yang dikelilingi makam yang biasa digunakan untuk upacara adat masyarakat. Makam megalitik yang diyakini berusia ratusan tahun yang dipahat adalah makam Umbu Puda dan Umbu Paledi.




Bentuk rumah seragam, jumlahnya 30 rumah. Namun di sini tidak seperti di kampung adat lain, misalnya di Kampung Adat Prai Ijing, Sumba Barat, rumah di kampung ini atapnya telah diganti dengan seng, bukan lagi atap dari ilalang. 





Catatan: Foto adalah koleksi pribadi yang diambil pada 18 November 2019


Saturday, November 16, 2019

Masjid Al Azhar, Masjid Tertua di Sumba

Masjid Al Azhar berada di Kabupaten Sumba Barat, tepatnya di Waikabubak. Masjid ini dibangun pada tahun 1911. Bahan yang digunakan dari bambu yang dibelah dan dipipihkan sebagai dindingnya. Atapnya dengan alang-alang yang dikeringkan. Bentuk awal bangunan masjid ini seperti Uma Bakolu, rumah khas Sumba.

Dalam berbagai literatur dan sumber yang dicari, tidak dapat ditemukan siapa yang memprakarsai pembangunan masjid ini dulunya. Dalam sumber Kementerian Agama dan Takmir Masjid juga tidak dapat diketahui siapa pemrakarsanya. Foto atau lukisan lama juga tidak temukan, hanya ada foto tahun 1937 yang dapat dirujuk sebagai sumber sejarah.

Namun sayangnya kini, bentuk asli masjid ini sudah tidak nampak lagi. Setelah mengalami rehab beberapa kali, bangunan masjid ini diubah dengan batu bata. Rehab pertama di tahun 1937 yang mengganti atap ilalang dengan seng. Tahun 1970 diganti dindingnya dengan batu bata permanen. Kemudian di tahun 1980 direhab kembali, dan ditetapkan sebagai masjid agung Sumba Barat. Penetapan ini diprakarsai oleh Haji MBH Algadri, salah satu tokoh di sana. Dan masjid ini dinamai dengan Al Azhar.

Masjid Al Azhar Sumba Barat, Tahun 1937


Luasan masjid seluas 460M2 dan luas lahan 1.570 M2. Menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti penyaluran zakat, infaq, shodaqoh, penyelenggaraan pengajian, madrasah. Pada saat ini, ketika sholat Jum'at, jalan di depan masjid Al Azhar ditutup untuk parkir kendaraan jamaah.









Foto adalah koleksi pribadi, diambil pada 15 dan 16 November 2019


Friday, November 15, 2019

Uma Leme, Rumah Adat Suku Mbojo, Bima


Uma Leme, atau Rumah Runcing adalah rumah adat Suku Mbojo, Bima. Disebut Uma Leme karena atapnya berbentuk runcing mirip dengan puncak gunung yang berbentuk limas. Biasanya dulu di sisi rumah tersimpan alat-alat persembahan dan kesenian. 

Keunikan Uma Leme adalah atap dan dinding rumah menjadi satu kesatuan. Atapnya sekaligus berfungsi sebagai dinding rumah. Dibuat dari alang-alang yang dirajut tebal, sehingga tidak akan berasa dingin dan panas ketika berada di dalamnya. Bagian rumah sebagai tempat tidur, ukurannya 2x2 meter. Rumah juga juga sebagai tempat memasak, menyimpan padi dan segala jenis bahan makanan seperti palawija dan padi. Bagian bawah digunakan sebagai tempat musyarawah dan upacara adat serta upacara ketika ada keluaga yang meninggal.

Keunikan lain adalah pintu rumah di bagian yang tersembunyi, yakni di pojok atau sudut ruang atas. Tangga untuk naik ke rumah tidak selalu terpasang. Dalam kebiasaan masyarakat Donggo ada tanda yang hanya diketahui oleh keluarga saja dimana tangga ini disimpan. Ini demi keamanan dan juga tanda bahwa pemilik rumah sedang pergi atau berada di rumah. Jenazah keluarga yang meninggal akan diturunkan melalui atap rumah dan ada batu sebagai tempat tinggal roh leluhur yang akan dilakukan upacara pemujaan pada waktu tertentu yang disebut Toho Dore.



Saat ini sudah tidak banyak rumah ini. Salah satu daerah yang masih terdapat Uma Leme ini di Desa Mbaja, Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima.







Di Desa Mbaja ini para warga desanya beragama Islam, Katolik dan Kristen. Mereka berdampingan hidup rukun dalam satu komunitas. Jika ada masalah keagamaan, maka di Uma Leme inilah dilakukan musyawarah untuk membahas hal tersebut.




Wednesday, November 13, 2019

Sanolo, Sentra Garam di Bima

Apabila kita menuju Bima, Nusa Tenggara Barat dengan menggunakan pesawat, pada saat akan mendarat, kita akan melihat hamparan tambak garam yang luas sepanjang mata memadang. Itulah tambak garam milik warga di kawasan Sanolo.

Sanolo adalah sebuah Desa di Kabupaten Bima. Lokasinya secara administratif berada di Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima. Desa Sanolo adalah sentra garam di Kabupaten Bima. Mayoritas warga desa ini adalah petani garam. Garam adalah andalan penghasilan bagi warga desa ini.

Pada saat musim kemarau seperti ini, hamparan tambak garam sungguh indah disaksikan, baik dari udara maupun saat kita mendatangi lokasi ini. Saya berkesempatan mendatangi lokasi ini pada tanggal 10 November 2019 lalu. 



Hamparan tambak sungguh memanjakan mata. Angin kencang di tambak tidak membuat terasa panas, walaupun matahari masih bersinar terik pada saat menjelang sore. Pukul setengah 5 sore. Berikut ini sedikit yang berhasil direkam kamera handphone saya.


Petani sedang melakukan Panen Garam












Foto dan Video adalah koleksi pribadi







Sunday, April 21, 2019

Rumah Betang di Sungai Utik, Kapuas Hulu

Sungai Utik adalah salah satu dusun di Desa Batu Lintang, Kecamatan Embaloh, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Di kawasan ini terdapat sebuah rumah betang yang dibangun sekitar tahun 1930an, dan telah mengalami renovasi pada 1970. 

Rumah Betang Sungai Utik, Kapuas Hulu ini didirikan oleh Suku Dayak Iban. Dayak Iban adalah bagian dari suku Ibanik grup yang tersebar di Serawak, Malaysia. Mereka datang ke Kapuas Hulu yang mayoritas dihuni oleh subsuku Dayak Tamambaloh. Kedua suku ini membuat perjanjian damai dan hidup rukun. Menurut beberapa sumber, bahwa oleh para tokoh adat Tamambaloh, masyarakat Iban diberikan tanah di beberapa hulu anak sungai untuk ditempati, dijaga dan dirawat. 

Banyak yang bertanya, mengapa masyarakat Dayak (hampir) selalu tinggal di rumah betang dulunya.

Dalam beberapa catatan dan sumber disebut bahwa rumah betang ini adalah bentuk konkret tentang tata pamong desa, organisasi sosial dan sistem kemasyarakatan. Mereka yang tinggal di rumah betang adalah mereka yang memiliki hubungan kekerabatan dalam marga atau suku. Sistem nilai budaya yang dibangun dalam kehidupan rumah batang itu menyangkut soal makna kehidupan, pekerjaan, karya dan amal perbuatan bahkan juga hubungan manusia dengan alam dan relasi dengan sesama.

Hal ini sama dan masih berlaku di rumah betang Sungai Utik ini. Rumah Betang Sungai Utik ini terdapat 28 Bilik yang dihuni oleh masing-masing keluarga. Dalam satu bilik dapat terdiri dari beberapa keluarga.

Rumah betang Sungai Utik dikelilingi oleh hutan adat yang masih terjaga yang luasnya lebih dari 9.000 hektar. Masyarakat di sini mengandalkan air yang mengalir di Sungai Utik untuk penghidupan mereka. Maka dari itu mereka sangat berkepentingan menjaga kelestarian hutan, karena tanpa hutan maka sungai akan hilang airnya. Hutan adalah supermarket kehidupan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan sumber ketahanan pangan.

Masyarakat Iban di Sungai Utik menetapkan pembatasan penebangan kayu dan hanya diperuntukan untuk membangun rumah. Satu kepala keluarga hanya diizinkan menebang maksimal 30 batang kayu dalam satu tahun. Sanksi adat akan dikenakan bagi siapa saja yang melanggar, termasuk mengusik satwa juga akan dikenakan sanksi adat.

Rumah Betang Sungai Utik hingga sekarang masih dihuni dan telah ditetapkan sebagai cagar budaya dengan SK Bupati Kapuas Hulu Nomor 212/2012. Rumah Betang Sungai Utik adalah merupakan salah satu contoh kebudayaan hutan hujan tropis yang tersisa.

Untuk mendatangi lokasi ini, bagi yang berasal dari luar Kalimantan Barat, dapat melakukan penerbangan dari Pontianak ke Putussibau. Dari Putussibau dilanjutkan dengan moda transportasi darat sejauh 75 Km ke arah utara. 

Disarikan dari berbagai sumber
Foto adalah koleksi pribadi