Monday, April 25, 2011

Penyakit Dasar

Di dunia ini banyak berbagai jenis penyakit yang menular dan bisa dikatakan sebagai penyakit yang sedikit berbahaya. Mereka ini tergolong penyakit dasar yang banyak mengenai masyarakat sejak bayi hingga dewasa. Berikut ini beberapa penyakit-penyakit dasar tersebut :

Cacar Air. Adalah penyakit infeksi yang sangat menular disebabkan oleh virus varisela-zoster. Komplikasi cacar air berupa infeksi kulit (bopeng) dan pada beberapa anak akan terjadi infeksi di otak. Cacar air dapat muncul kembali dan menjadi herpes zoster (kemerahan pada kulit disertai sakit). Hepatitis A. Disebabkan oleh virus hepatitis A yang menyerang hati. Penyebaran melalui kontak personal atau melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Hepatitis B. Disebabkan oleh virus hepatitis B yang menyerang sel-sel hati. Bila berlangsung lama (kronis) dapat menyebabkan kanker hati dan apabila kerusakan luas dan berat dapat menyebabkan kematian. Difteri. Disebabkan oleh bakteri Corrynaebacterium diphteriae yang menyerang dan menyumbat saluran nafas atas. Racunnya dapat melumpuhkan otot jantung dan serabut saraf.

Pertusis (batuk rejan/seratus hari). Disebabkan oleh kuman pertusis yang menyerang saluran nafas atas dan dapat menimbulkan batuk hebat yang panjang dan terus menurus. Dapat menyebabkan infeksi telinga dalam dan radang paru.

Tetanus. Disebabkan oleh kuman Clostridium tetani yang masuk melalui luka yang dalam dan kotor. Atau luka tusuk kecil tetapi dalam, lobang gigi, infeksi di telinga dalam. Racunnya menyerang saraf otot sehingga mulut sukar dibuka, tubuh kejang dan kaku. Campak. Disebabkan oleh virus dan menyebar dengan mudah. Pada kebanyakan anak menyebabkan kemerahan kulit, demam dan dapat menyebabkan komplikasi seperti infeksi telinga atau pneumonia (radang paru).
Haemophilus Influenza Type B (Hib). Penyebabnya adalah bakteri dan dapat menular melalui udara. Hib dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti meningitis (radang selapu otak) dan pneumonia (radang paru).

Pneumokokus. Disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae yang menyerang selaput otak sehingga dapat menyebabkan radang paru, radang selaput otak dan infeksi darah.

Mumps (Gondong). Penyebabnya adalah virus, penyebarannya melalui udara. ini biasanya penyakit ringan tapi dapat memberikan dampak serius seperti meningitis. Rubella. Disebabkan oleh virus rubella, ditularkan melalui kontak personal seperti batuk atau bersin. Pada anak, biasanya penyakit ringan dan dapat sembuh secara total dengan cepat. Namun pada wanita hamil dapat menimbulkan kecacatan janin dalam kandungan.

Polio. Disebabkan oleh virus polio yang menyerang pusat saraf otot sehingga menyebabkan kelumpuhan otot permanen. Tipus. Bakteri Salmonella typhi adalah penyebabnya. Menyerang dan merusak kelenjar getah bening usus sehingga dapat menyebabkan usus bocor dan racun dapat menyerang otak.

Infeksi HPV. Human Papiloma Virus dapat menyebabkan kanker serviks (onkogenik). Di Indonesia kanker ini adalah pembunuh kaum perempuan nomor satu. Setiap perempuan beresiko terkena virus penyebab kanker serviks tanpa memandang usia dan gaya hidup. Vaksinasi HPV sudah dapat diberikan pada usia 10 tahun.

Menurut dokter penyakit- penyakit tersebut dapat ditekan atau dieliminasi dengan pemberian vaksin alias diimunisasi sejak dini. Sejak lahir diimunisasi maka dapat tereliminasi.

0 komentar:

Post a Comment